Syarat dan Ketentuan Penggunaan

Terakhir diperbarui: 15 Juni 2025

Pendahuluan

Anda dimohon untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama sebelum menggunakan layanan Sharebro.id. Dengan mengakses dan menggunakan situs kami, Anda dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui semua ketentuan yang berlaku.

Ketentuan Umum

  1. Platform Sharebro.id (Situs dan Aplikasi) ini merupakan milik PT. Sharebro.id. Kami bekerja sama dengan pihak ketiga (“Mitra Kami”) untuk mengembangkan, menambah dan/atau meningkatkan fitur serta fungsi dalam Aplikasi, dan/atau menyediakan produk dan/atau layanan.
  2. Platform Sharebro.id memberikan layanan berlangganan bersama dan/atau membeli jasa/barang secara grouping dengan tujuan mendapatkan produk, fitur, maupun benefit premium dengan biaya yang lebih terjangkau, administrasi yang lebih mudah, pencarian teman patungan dan reminder pembayaran di setiap bulan yang lebih terorganisir.
  3. Platform Sharebro.id telah melakukan riset dan percobaan terlebih dahulu sebelum menyediakan layanan ke publik.
  4. Sharebro berhak untuk menerima, menunda, menolak, serta mencabut pemberian akses ke Situs atau Layanan kepada Anda, dengan alasan apapun.

DENGAN MENDAFTAR DAN MENGGUNAKAN LAYANAN SHAREBRO.ID, ANDA MEMBERIKAN PENERIMAAN DAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN, KEBIJAKAN PRIVASI SHAREBRO, SERTA SETIAP INFORMASI YANG TERSEDIA DI PLATFORM KAMI. APABILA ANDA TIDAK MENYETUJUI KETENTUAN INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES SITUS. APABILA ANDA DI BAWAH USIA 17 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DAN BERADA DIBAWAH PENGAMPUAN, ANDA HARUS MENDAPATKAN IZIN DARI ORANG TUA ATAU WALI UNTUK MEMBUKA AKUN DAN ORANG TUA ATAU WALI TERSEBUT HARUS MENYETUJUI KETENTUAN PERJANJIAN INI. APABILA ANDA TIDAK MEMAHAMI BAGIAN INI, MOHON JANGAN MEMBUAT AKUN SAMPAI ANDA TELAH MEMINTA BANTUAN ORANG TUA ATAU WALI ANDA. APABILA ANDA ADALAH ORANG TUA ATAU WALI ANAK DI BAWAH UMUR YANG MEMBUAT AKUN, ANDA HARUS MENERIMA KETENTUAN PERJANJIAN INI ATAS NAMA ANAK DI BAWAH UMUR TERSEBUT DAN ANDA AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN AKUN TERSEBUT, BAIK APAKAH AKUN TERSEBUT SUDAH DIBUKA SAAT INI ATAU DIBUAT DI MASA MENDATANG.

Definisi

  1. Sharebro: Platform digital yang mempertemukan pengguna untuk berbagi biaya langganan layanan digital secara bersama ("Community Pooling").
  2. User: Individu atau badan hukum yang menggunakan layanan Sharebro.
  3. User Host: Pengguna yang menyediakan akun langganan digital untuk dibagikan kepada pengguna lain.
  4. User Reguler: Pengguna yang bergabung dan membayar untuk menggunakan sebagian slot dari langganan yang disediakan oleh Host (yang dibantu oleh pihak Sharebro).
  5. Escrow: Sistem penampungan dana sementara hingga transaksi berhasil diselesaikan. Pihak Sharebro akan meneruskan biaya berlangganan dari User Reguler ke User Host (dalam bentuk transfer) apabila proses berlangganan ke provider terbukti berhasil.
  6. Provider: Penyedia layanan digital premium. Dalam hal ini termasuk penyedia layanan non digital.

Ruang Lingkup Layanan

Sharebro tidak menjual akun atau lisensi layanan digital secara langsung. Kami hanya menyediakan platform untuk mempertemukan pengguna yang ingin berbagi biaya langganan. Sharebro tidak memiliki hubungan afiliasi, representasi, atau kerja sama resmi (kecuali dinyatakan secara eksplisit) dengan layanan digital yang dibagikan oleh pengguna.

Kewajiban Pengguna

Kami menyediakan beberapa layanan yang telah memiliki aturan penggunaan berdasarkan ketentuan yang diterbitkan oleh masing-masing provider. Dengan menggunakan layanan yang ada di Platform Sharebro.id, artinya Anda berkewajiban penuh untuk mengikuti aturan dan ToS yang diterbitkan oleh masing-masing provider yang telah tersedia di Platform Sharebro.id.

Beberapa hal yang menjadi kewajiban pengguna diantaranya sebagai berikut:

  1. Pengguna wajib menggunakan layanan secara bertanggung jawab.
  2. User Host wajib menyediakan akses sesuai dengan yang seharusnya kepada User Reguler yang dapat dibantu oleh Pihak Sharebro.
  3. Pengguna wajib memahami dan mematuhi Ketentuan Layanan (ToS) dari layanan digital yang digunakan.
  4. Pengguna dilarang melakukan penipuan, penyalahgunaan akun, pembagian konten ilegal, atau pelanggaran hak cipta.

Untuk layanan digital yang kami sediakan, ada beberapa provider yang menghimbau bahwa plan premium yang mereka sediakan harus memenuhi satu atau lebih dari beberapa kriteria berikut.

  1. Satu grup/family dianjurkan untuk berada dalam satu rumah.
  2. Satu grup/family diharuskan untuk memiliki alamat yang sama dengan user host yang melakukan pembayaran pada grup tersebut.
  3. Ditujukan untuk penggunaan keluarga atau orang terdekat di sebuah grup yang berlangganan.

Sehingga dengan mendaftar dan/atau melakukan pesanan berlangganan bersama melalui Sharebro.id untuk provider yang mencantumkan ketentuan di atas, berarti Anda telah setuju apabila:

  1. Anda dianggap sebagai anggota keluarga dengan member yang ada dalam satu grup berlangganan bersama, dimana membernya diatur oleh Sharebro.id.
  2. Anda dianggap memiliki alamat yang sama dengan User Host yang berlangganan ke provider terkait dan bersedia memberikan verifikasi alamat yang sesuai dengan alamat User Host jika dibutuhkan.

Ketentuan User Host

  1. User Host merupakan user yang diberikan kewenangan oleh Sharebro.id untuk melakukan proses administrasi dan/atau melakukan pembayaran ke provider yang telah disediakan oleh Sharebro.id.
  2. Adapun prosedur yang Anda lakukan jika berminat menjadi User Host harus mengikuti segala instruksi yang diberikan oleh admin dan/atau customer service Sharebro.id.
  3. Dengan menjadi User Host, user secara sadar telah menyetujui pengelolaan akun oleh Sharebro.id termasuk mengelola member dan membagikan akses secara terbatas hanya kepada member dalam grup akun tersebut.

Kebijakan Akun dan Keamanan

  1. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan akun masing-masing.
  2. Dilarang menggunakan akun palsu, identitas fiktif, atau metode yang mengganggu sistem.
  3. Sharebro berhak menonaktifkan akun yang melanggar kebijakan.

Pengakhiran Masa Berlangganan

Kami berhak secara penuh untuk melakukan pengakhiran masa berlangganan Anda ke pihak provider jika Anda termasuk ke beberapa kategori berikut.

  1. Tidak melakukan pembayaran ke pihak Sharebro.id melewati tanggal pembayaran yang telah ditetapkan oleh Sharebro.id berdasarkan tanggal mulai Anda berlangganan provider terkait
  2. Tidak dapat dihubungi oleh admin dan/atau customer service Sharebro.id dalam rangka melunasi tagihan untuk bulan berikutnya.
  3. Melakukan pelanggaran baik itu pelanggaran terhadap ketentuan provider terkait maupun pelanggaran terhadap ketentuan yang ditetapkan oleh Sharebro.id.

Aturan dan Larangan Pengguna

  1. Untuk menjaga kenyamanan masing-masing pengguna, aturan berikut wajib dipenuhi oleh setiap pengguna platform Sharebro.id:
    1. Diharapkan mengakses masing-masing profile yang telah dialokasikan oleh Sharebro.id
    2. Untuk layanan streaming, seperti Netflix, diharapkan menonton di maksimum 1 device, dan tidak menonton di beberapa device secara bersamaan.
    3. Diharapkan menggunakan alamat email pribadi saat menerima undangan dari Sharebro.id untuk berlangganan layanan bersama seperti Spotify, Youtube, Microsoft 365, Canva, serta provider lain yang mengadopsi konsep bergabung serupa
  2. Adapun larangan sebelum dan pada saat menggunakan layanan di platform Sharebro.id. di antaranya sebagai berikut.
    1. Dilarang keras memberikan komentar dan/atau chat yang bersifat mengolok, merendahkan, atau mencemar kan nama baik karyawan dan staf Sharebro. Larangan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan interaksi yang aman dan menghormati, serta melindungi karyawan dari segala bentuk verbal abuse atau perlakuan tidak senonoh. Pelanggaran terhadap aturan ini dapat mengakibatkan tindakan tegas yang diambil oleh Sharebro, termasuk pembekuan, penghentian akses pengguna, maupun penindakan ke jalur hukum.
    2. Dilarang untuk menyebarkan informasi apapun terkait akun, seperti link invitation dan/atau alamat User Host yang diberikan oleh Sharebro untuk tujuan apapun, termasuk upaya komersialisasi produk yang terkait dengan Sharebro.
    3. Dilarang mengubah informasi akun yang telah diberikan kepada Anda, baik itu password, profile atau informasi apapun di akun tersebut.
    4. Dilarang untuk melakukan screenshot dan screen recording di halaman apapun pada aplikasi/situs Gramedia.

Kebijakan Biaya Layanan

  1. Sharebro mengenakan biaya layanan kepada User Host dan/atau User Reguler atas penggunaan platform, dukungan sistem escrow, manajemen grup patungan, pengingat pembayaran, dan fasilitas manajemen komunitas.
  2. Besaran biaya layanan berkisar mulai dari Rp4.000 hingga Rp12.000 per bulan atau Rp25.000 hingga Rp120.000 per tahun, bergantung pada harga patungan dari penyedia layanan (provider). Biaya layanan sewaktu-waktu bisa berubah menyesuaikan dengan harga dari penyedia layanan atau sesuai dengan kebijakan baru Sharebro. Lihat selengkapnya skema harga yang telah diatur pada Skema Harga Provider Sharebro.
  3. Biaya layanan ditampilkan secara transparan sebelum pembayaran dan ditambahkan ke total yang dibayarkan oleh User Host dan/atau User Reguler.
  4. Jika terjadi refund, dalam keadaan tertentu Sharebro berhak tidak melakukan refund khusus untuk biaya layanan Sharebro (bukan biaya patungan penyedia layanan).

Pembayaran

  1. Sharebro.id hanya menyediakan metode pembayaran dengan verifikasi otomatis melalui mitra pembayaran kami, Midtrans. Adapun metode pembayaran yang tersedia mencakup E-Wallet, Transfer Bank, dan Minimarket.
  2. Untuk transaksi dengan nilai di atas Rp65.000, akan dikenakan biaya sebesar Rp1.000. Sementara itu, untuk transaksi dengan nilai di bawah atau sama dengan Rp65.000, biayanya adalah sebesar Rp500. Namun, perlu diingat bahwa Sharebro.id memiliki hak penuh untuk menentukan jumlah Biaya Transaksi dan Pajak yang akan dikenakan pada setiap transaksi, sesuai dengan proporsi yang dianggap wajar.
  3. Segala transaksi, termasuk pembayaran, yang dilakukan di luar platform atau metode pembayaran yang telah ditentukan oleh kami dianggap dilakukan atas risiko dan tanggung jawab pengguna.

Perubahan Biaya Berlangganan

  1. Perubahan biaya berlangganan dapat terjadi apabila provider tertentu melakukan perubahan harga berlangganan dari layanan yang mereka miliki. Perubahan harga yang terjadi mengakibatkan Sharebro.id perlu menyesuaikan biaya berlangganan terbaru dari layanan provider terkait sesuai dengan jumlah member dalam satu grup. Informasi perubahan biaya berlangganan akan tersedia di halaman detail produk dan disosialisasikan di media sosial Sharebro.id.
  2. Untuk customer yang sudah berlangganan lebih dari 1 bulan (3, 6 atau 12 bulan) pada provider yang mengalami perubahan biaya berlangganan dimana ada sisa periode berlangganan yang terkena dampak perubahan harga, maka customer setuju untuk menerima penyesuaian biaya berlangganan yang baru dan melakukan pembayaran kembali ke Sharebro.id sesuai dengan ketentuan waktu yang ditetapkan oleh Sharebro.id.
  3. Apabila customer menolak melakukan pembayaran sisa dari biaya berlangganan yang mengalami perubahan, maka layanan customer di Sharebro.id akan dibatalkan dan biaya sisa periode berlangganan yang belum dinikmati akan dikembalikan (di-refund) secara prorata.

Penyangkalan dan Batasan Tanggung Jawab

  1. Sharebro tidak bertanggung jawab atas tindakan atau kelalaian pengguna sendiri.
  2. Sharebro tidak menjamin bahwa penggunaan layanan tidak akan melanggar ToS dari penyedia digital terkait. Namun Sharebro tetap berkomitmen untuk mengedukasi seluruh pengguna untuk mentaati seluruh ToS dari provider yang ada di Sharebro.
  3. Pengguna menggunakan layanan dengan risiko sendiri. Apabila terjadi kendala dari provider tertentu yang bukan akibat kelalaian pengguna, Sharebro akan ikut membantu menyelesaikan masalah yang terjadi.

Pelanggaran Atas Hukum

Pihak Sharebro.id berhak melakukan pelaporan hukum terhadap pihak yang dengan sengaja menyerang kehormatan atau nama baik Pihak Sharebro.id dengan pasal pencemaran nama baik, penghinaan dan/atau fitnah di muka umum sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku.

Risiko

Akun atau grup yang telah dibagikan mungkin mengalami kendala di masa mendatang, baik yang disebabkan oleh faktor penyedia layanan maupun oleh anggota yang tidak bertanggung jawab. Risiko tersebut mencakup kemungkinan penghentian langganan oleh penyedia layanan tanpa pemberitahuan, atau ketidakmampuan pengguna untuk bergabung kembali dalam grup team/family akibat kebijakan penyedia layanan (misalnya, Spotify yang membatasi perpindahan family hanya satu kali dalam 12 bulan). Dengan berlangganan di Sharebro.id, pengguna dianggap telah memahami dan menyetujui risiko ini.

Kompensasi

  1. Jika terjadi kendala yang disebabkan oleh penyedia layanan atau risiko yang telah disebutkan, Sharebro.id akan memberikan pengembalian dana sesuai dengan skema yang tercantum di poin-poin berikut.
  2. Untuk bulan berjalan, pengembalian dana diberikan dengan ketentuan berikut:
    1. Jika masa berlangganan telah berlangsung lebih dari 15 hari, Sharebro.id akan mengembalikan dana sebesar biaya admin produk.
    2. Jika masa berlangganan berlangsung kurang dari 15 hari, pengembalian dana dilakukan secara prorata.
  3. Bagi pengguna dengan masa berlangganan lebih dari 1 bulan, Sharebro akan memberikan pengembalian dana penuh untuk bulan berikutnya.
  4. Kompensasi tambahan akan diberikan oleh Sharebro.id jika kerugian terjadi akibat kelalaian atau kesalahan dari pihak Sharebro.id, dengan besaran kompensasi yang disesuaikan berdasarkan justifikasi dan kebijakan Sharebro.id.

Perubahan Ketentuan

Sharebro berhak mengubah Syarat & Ketentuan ini sewaktu-waktu. Pengguna akan diberi notifikasi jika terdapat perubahan signifikan.

Hukum yang Berlaku

Syarat & Ketentuan ini diatur oleh hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Segala perselisihan akan diselesaikan melalui musyawarah terlebih dahulu sebelum menempuh jalur hukum.

Kontak Kami

Anda dapat menghubungi Kami terkait dengan Kebijakan Privasi dan Ketentuan Penggunaan melalui surat elektronik support@sharebro.id.